Belajar dari tanaman di halaman rumah

Ku coba untuk mengamati semua tumbuhan dihalaman rumahku. Yang ku lihat adalah semuanya sama dan nyaris tanpa ada bedanya, daunnya rata-rata semua berwarna hijau. dengan kesamaan itu sehingga aku menempatkannya pada posisi yang sama pula dan tidak membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Tetapi apa yang terjadi kemudian, dalam pengamatanku ada beberapa tanaman yang daunnya mulai layu dan mengering tetapi ada juga yang masih tetep segar dan hijau. Aku segera ingin tahu dan mencari sebab musababnya pada pakar tumbuh-tumbuhan, dan pakar tumbuh-tumbuhan itu mengatakan, ada yang salah letak  pada tumbuh-tumbuhan yang ada di halaman rumahku, yang tahan terhadap panasnya matahari aku letakkan pada tempat yang teduh, sedangkan tumbuhan yang tidah tahan terhadap matahari aku letakkan di tempat yang panas.

Belajar dari itu ternyata di dalam kehidupanku, aku juga tidak boleh menganggap semua orang itu sama dan aku juga harus menghormati ketidak samaan itu. Aku harus lebih bijak di dalam  memandang semua orang. Tidak semua orang dapat di ukur dengan ukuran yang kita punya, karena masing-masing orang punya ukurannya sendiri-sendiri.

Untuk  memahami orang lain, perlu belajar, perlu ilmu, perlu pengalaman dan tidak boleh coba-coba, yang pada gilirannya akan bisa salah tafsir, salah terka, salah kaprah dan dapat menimbulkan salah sangka yang pada akhirnya dapat menimbulkan fitnah.

I Wayan Suada

Tinggalkan Balasan

